Ini Kriteria Pengajuan Kartu Kredit Disetujui

Bukan rahasia lagi bahwa mengajukan kartu kredit lebih awal cukup sulit. Ada banyak kasus di mana pendapatan yang memuaskan tidak menjamin bahwa aplikasi akan diterima dengan pasti. Ini karena bank terlebih dahulu memeriksa riwayat keuangan pelanggan mereka dan mengevaluasi kinerja kredit mereka.

Jika riwayat keuangan nasabah buruk, tidak jarang bank menolak pengajuan pinjaman. Hal ini mengindikasikan bahwa bank lebih memilih masyarakat yang sebelumnya memiliki kartu kredit untuk fasilitas penilaiannya. Namun jangan berkecil hati, karena ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar pengajuan kartu kredit bisa disetujui sebagai berikut.

1. Pilih bank yang bersahabat di kartu kredit pertama Anda

Untuk mendapatkan persetujuan dengan mudah, langkah pertama adalah mencari daftar bank yang siap menyetujui pengajuan kartu kredit pertama Anda dengan mudah. Rata-rata, bank-bank besar dikenal lebih ketat dalam mengeluarkan persetujuan, apalagi jika bank tersebut adalah badan usaha milik negara. Namun jangan khawatir, masih ada beberapa bank yang diketahui lebih mudah menyediakan aplikasi kartu kredit, seperti Maybank Indonesia, CIMB Niaga, Danamon dan Bank Mega.

2. Mengajukan kartu kredit yang biasanya ditawarkan di mall

Untuk kemudahan kesepakatan, Anda bisa memanfaatkan penawaran pembuatan kartu kredit di mal. Karena permintaan ini dibuat di mal, biasanya persyaratannya lebih sederhana dan potensi persetujuan yang tinggi. Hal ini dikarenakan bank menilai pengunjung mal sebagai individu yang peduli sehingga memungkinkan untuk memiliki kartu kredit. Sebaliknya, pemasaran bank-bank tersebut juga memiliki kewajiban untuk memenuhi tujuan yang telah ditetapkan oleh atasannya sehingga biasanya proses pengajuan kartu kredit tidak berbelit-belit.

3. Periksa riwayat keuangan Anda

Seperti kita ketahui bersama, bank pada umumnya akan memperhatikan nasabah dengan melihat riwayat keuangan calon nasabah. Coba ingat-ingat lagi, pernahkah Anda meminjam uang dalam bentuk selain kartu kredit dan mengalami kredit bermasalah? Jika masih ada tunggakan pembayaran hutang, sesegera mungkin lunasi sebelum mengirimkan kartu kredit. Pasalnya, bank pasti akan menolak calon nasabah yang masih bermasalah kredit dalam bentuk apapun.

4. Bijak dalam memilih kartu kredit

Setelah mengetahui sedikit bank yang menyediakan aplikasi kartu kredit seperti cara nomor 1 dengan mudah, tak kalah pentingnya agar Anda bisa bijak dalam memilih kartu kredit. Anda harus bisa menyesuaikan kartu kredit Anda dengan kebutuhan dan jumlah pendapatan yang Anda miliki. Anda perlu memahami bagaimana hadiah, bonus, penawaran kartu kredit, dan biaya tahunan digunakan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kartu kredit Anda. Anda juga bisa memilih kartu kredit dengan batas pinjaman yang rendah agar bisa berlatih menggunakan kartu tersebut agar tidak hilang.

5. Isi formulir sesuai kebutuhan

Agar disetujui, Anda harus mengisi formulir bank dan semua persyaratan yang diperlukan. Pahami persyaratannya secara menyeluruh dan jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat bertanya kepada petugas bank.

6. Ikuti semua proses verifikasi

Rata-rata, calon pelanggan gagal dalam proses verifikasi ini. Konfirmasi biasanya dilakukan satu atau dua minggu setelah pengajuan administrasi. Yang dilakukan bank adalah melakukan panggilan telepon untuk mencocokkan data yang Anda masukkan dengan respons prospek melalui telepon. Selain menghubungi Anda, pihak bank juga akan menghubungi nomor telepon kerabat tak dikenal yang telah Anda cantumkan di formulir aplikasi. Pada titik ini, usahakan untuk menjaga ponsel Anda agar tidak ada komunikasi yang terputus hingga verifikasi dapat dilakukan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *