Kain Batik Ini Cocok Dipakai Anak Muda

Selama ini, kain batik terlihat identik dengan Solo dan Yogyakarta. Kedua kota tersebut dikenal sebagai daerah produksi batik di Indonesia.

Selain batik khas Solo dan Yogyakarta, masih ada beberapa motif kain batik dengan corak dan warna yang lebih kekinian yang cocok untuk dikenakan anak muda. Untuk merayakan Hari Batik Nasional, yuk kenali beberapa motif batik kebanggaan negara berikut ini!

Batik Madura

Berbeda dengan batik Solo dan Yogyakarta, batik Madura terkenal berani bermain-main dengan warna. Selain itu batik Madura juga memiliki motif yang beragam, mulai dari flora hingga fauna.

Ciri khas batik Madura adalah motifnya yang berbeda satu sama lain. Biasanya batik Madura dilukis langsung oleh pengrajin untuk menghasilkan corak yang eksklusif dan sederhana.

Batik Lasem

Lasem adalah nama sebuah daerah yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Daerah ini terkenal dengan batik yang dihasilkan memiliki corak yang indah dengan warna-warna cerah.

Batik yang satu ini sendiri berani bermain-main dengan warna cerah karena seiring berjalannya waktu motif batik sangat dipengaruhi oleh budaya Tionghoa.

Batik Cirebon

Daerah pesisir pantai memang dikenal lebih berani bermain-main dengan warna dan corak batik. Batik Cirebon terkenal dengan motifnya yang bernama Megamendung.

Ciri khas batik Megamendung adalah citra awan dan perpaduan warna yang sangat baik. Warna batik Cirebon lebih variatif, seperti merah tua, biru, ungu dan hijau tua.

Batik Pekalongan

Siapa yang tak kenal batik Pekalongan? Pekalongan menjadi terkenal sebagai sentra batik dimana tamu asing dari berbagai negara menyukai kain. Salah satu motif yang terkenal adalah batik Tujuh Rupa.

Biasanya batik ini menggunakan tumbuhan sebagai inspirasi untuk membuat motifnya. Meski begitu, ada juga batik Pekalongan yang menggunakan gambar binatang sebagai motif utama kain batiknya.

Ciri khas batik Megamendung adalah citra awan dan perpaduan warna yang sangat baik. Warna batik Cirebon lebih variatif, seperti merah tua, biru, ungu dan hijau tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *