Motif Batik Modern Nusantara Berdesign Sederhana

Batik merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Tapi tahukah Anda bahwa batik tidak hanya berasal dari Jawa? Di bawah ini akan kita bahas jenis-jenis batik yang ada di nusantara beserta ragam motif dan gambarnya. Mulai dari motif batik terbaru hingga motif batik sederhana.

1. Batik Aceh

Ciri yang membedakan batik Aceh adalah menggunakan perpaduan unsur alam masyarakat Aceh dan budaya itu sendiri. Untuk masalah warna, batik Aceh lebih banyak menggunakan warna-warna terang. Keberanian memainkan warna-warna batik Aceh itulah yang membuatnya unik dan menawan. Apalagi Aceh merupakan daerah yang memiliki pengaruh Islam yang kuat. Oleh karena itu, masyarakat Aceh jarang sekali menggunakan motif binatang yang dilarang dalam Islam.

2. Motif batik Bali

Ciri yang membedakan kain batik Bali adalah coraknya yang memadukan motif tradisional dan modern. Selain itu, kain batik Bali menonjolkan lambang daerah seperti komodo, bangau, kura-kura dan rusa. Dilihat dari bentuk dan motifnya, dapat dikatakan bahwa motif-motif dalam batik Bali tidak memiliki batasan dalam hal eksplorasi. Batik Bali sendiri terinspirasi dari segala hal yang ada di Bali.

3. Motif Batik Banyuwangi

Motif batik Banyuwangi ialah salah satu perwujudan dari berbagai banyak hal yang berkaitan dengan ciri khas daerah Banyuwangi. Batik Banyuwangi memiliki nilai estetika yang sangat menarik. Semua nama batik asli yang ditemukan di Banyuwangi ternyata dipengaruhi oleh kondisi alam. Beberapa motif kain batik asal batik banyuwangi hanya mengandalkan nilai estetika dan mencerminkan jati diri masyarakat banyuwangi itu sendiri.

4. Batik Bojonegoro

Bojonegoro merupakan kawasan dengan kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Kekayaan ini menginspirasi masyarakat terutama diĀ  Bojonegoro untuk menjadikan hal tersebut ciri khas sebagai motif batik khas Bojonegoro. Batik khas Bojonegoro dikenal dengan nama batik Jonegoroan dan memiliki 9 motif batik terkenal. Diantaranya motif Jagung Miji Emas, Parang Jembul Sekar Rinandar, Gastro Rinonce, Mliwis Mukti, Sata Gondo Wangi, Parang Dahano Munggal, Pari Sumilak, Sekar Jati dan Rancak Thengul.

5. Motif Batik Banyumas

Ciri khas dari batik Banyumas adalah warnanya yang didominasi oleh warna dasar coklat dan hitam. Motif batik Banyumas disebut motif Jonasan. Banyak motif batik yang terinspirasi dari tumbuhan dan hewan, tergantung dari lingkungan Banyumas. Batik Banyumas terkenal sangat menjunjung tinggi nilai kebebasan. Nilai inilah yang menjadi filosofi perkembangan motif batik di Banyumas. Diantaranya Motif Ayam Puger, Madu Bronto, Jahe Puger, Kawung Jenggot, Batu Wiljinan dan lain-lain.

6. Motif Batik Banten

Ciri khas batik Banten adalah skema warna ceria dengan kombinasi warna pastel yang lembut. Ini melambangkan bahwasannya masyarakat Banten memang memiliki karakter yang lemah lembut. Apalagi batik Banten memiliki ciri khas pada ragam hias motif gerabah klasik dan gerabah peninggalan kerajaan Banten. Filosofi batik Banten banyak bercerita seperti nama bangunan, judul, tempat dan lain-lain. Beberapa motif Banten yang terkenal adalah Mandali, Sabaking, Pasepen, Pejantren, Pasulaman, Kapurban dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *