Pengertian dan Ciri-Ciri Sitoplasma Pada Sel Hewan

Posted by eddye on

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian sitoplasma dan ciri-cirinya. Kita ketahui bersama kalau sitoplasma merupakan bagian yang terdapat didalam sel hewan dan sel tumbuhan. Setiap masing-masing organel sel yang dimilikinya berbeda.  Selain itu sitoplasma ini merupakan protoplasma yang ada diluar inti sel. Jadi sitoplasma ini merupakan sebuah cairan yang terdapat didalam sel dan lokasinya ada di luar inti sel.

Kalau kita melihat dari mikroskopik maka sitoplasma ini merupakan homogen dan jernih selain itu ada juga yang berbentuk butiran, fibrillar atau seperti benang halus. Sitoplasma ini memiliki ciri-ciri seperti dibawah ini:

  1. Kepadatan sitoplasma ini terdiri dari berbagai ribosom, komplek golgi dan mitokondira
  2. Padatan sitoplasma ini memiliki sifat yang bisa berubah-ubah mengingat kondisi sel yang memiliki fase sol (cair) dan fase gel (padat).
  3. Stiplasma ini tersusun dari komponen protein, asam amino, vitamin , air, asam lemak , ion dan gula.
  4. Sitoplasma ini memiliki sifat pewarna differensial
  5. Sitoplasma ini tidak hanya terdapat pada sel tumbuhan namun juga terdapat pada sel hewan. Perbedaan ini bisa dilihat dari jumlah sitiplasmanya. Kalau pada tumbuhan jumlah sitoplasmanya lebih banyak dari sitoplasma hewan.

Mengenal struktur sitoplasma, jadi sitoplasma ini terdiri dari matrik yang berperan untuk mengatur kekentalan sitoplasma. Proses kerjanya dengan membentuk benang spendel, proses pembentukan ini seperti :

  1. Filamen merupakan sebuah organel sel yang berbentuk seperti benang halus
  2. Mikrotubulus merupakan organel sel yang memiliki bentuk silinder dan berongga, tidak bercabang dan tidak ada lapisannya. Mikrotubulus ini tersusun dari protein yang memiliki panjang tidak menentu dan diameter 25 nm.
  3. Miofibril yang merupakan sebuah organel yang tersususn dari myosin, protein otot aktin, tropomiosin dan troponin

Struktur sitoplasma ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. Setiap struktur ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Setiap struktur sitoplasma ini dapat mempengaruhi tampilan dari sitoplasma tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian dan ciri-ciri sitoplasma pada hewan. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah referensi mengenai sitoplasma. Sekian terima kasih.